Menggunakan BIRT dengan Apex untuk laporan PDF

  • Whatsapp

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan di dunia Apex adalah “Bagaimana saya bisa membuat laporan PDF tanpa Penerbit BI”. Jawabannya selalu sama “gunakan Apache FOP”, “gunakan JasperReports”, tapi ada satu solusi yang tidak sering diberikan dan itu adalah “lihat BIRT”. BIRT adalah sistem pelaporan open source berbasis Eclipse untuk aplikasi web, terutama yang berbasis Java dan Java EE. BIRT memiliki dua komponen utama: perancang laporan berbasis Eclipse, dan komponen runtime yang dapat Anda tambahkan ke server aplikasi Anda. BIRT juga menawarkan mesin charting yang memungkinkan Anda menambahkan grafik ke aplikasi Anda sendiri.

Instalasi
Situs BIRT memberikan penjelasan yang sangat bagus bagaimana menginstal Perancang Laporan Birt di IDE Eclipse Anda atau cara memasang perancang laporan khusus, berdasarkan IDE yang sama. Jadi tidak ada gunanya bagi saya untuk menjelaskan hal ini. Saya akan cukup untuk mengatakan bahwa perancang laporan adalah Perspektif dalam IDE (Window> Open Perspective> Other> Report Design).

Situs BIRT juga memberi banyak contoh bagaimana membuat laporan. Laporan akhirnya akan menjadi file dengan ekstensi rptdesign. Singkatnya, ini berjalan seperti ini:

  1. Buat proyek baru
  2. Gunakan sebagai wizard Business Intelligence and Reporting Tools> Laporan Proyek
  3. Buat laporan baru dalam proyek menggunakan template yang sesuai
  4. Buat sumber data
  5. Buat dataset
  6. Seret dan lepas dataset ke posisi yang sesuai pada laporan
  7. Lakukan tata letak Anda
  8. Simpan laporannya

Membuat koneksi dengan Oracle
Untuk membuat sumber data yang terhubung ke database Oracle Anda harus memilih opsi Sumber Data JDBC. Namun, setelah instalasi baru, Driver Oracle belum diketahui. Klik tombol Manage Drivers.

manage-drivers

Di layar berikutnya Anda harus menambahkan file JAR dengan kelas driver. Aku punya file ojdbc6.jar dari sebuah instalasi klien Oracle. Sebagai alternatif, jika Anda memiliki instalasi JDeveloper atau SQLDeveloper yang ada, Anda harus bisa menemukan file ojdbcN.jar.

Setelah Anda menambahkan file JAR, tab Driver akan menunjukkan dua driver tambahan: oracle.jdbc.driver.OracleDriver dan oracle.jdbc.OracleDriver. Edit yang terakhir dan isi URL template.

edit-driver

Sekarang Anda bisa memilih driver Oracle di wizard pembuatan sumber data dan Anda bisa mengisi kredensial yang benar.

Runtime viewer

Jika Anda seperti saya, Anda selalu menginstal Tomcat di tangan. Jika tidak, sangat mudah untuk mendownload di Apache Tomcat. Di situs BIRT Anda bisa mendownload BIRT-runtime. Dari file zip ini, ambil WebViewerExample dan ekstrak ke direktori Tomcat / webapps Anda. Ubah nama direktori menjadi birt-viewer. Restart Tomcat dan masuk ke http: // localhost: 8080 / (atau Tomcatserver khusus dan bukan localhost tentunya).
Pilih Manajer. Seharusnya terlihat seperti ini:

tomcat

Klik hyperlink birt-viewer dan pilih di halaman berikutnya View.
birt-report-viewer
Tapi lihatlah URLnya :
 http://localhost:8080/birt-viewer/frameset?__report=test.rptdesign&sample=my+parameter.

Ini memberi kita petunjuk bagaimana mengintegrasikan dengan Apex.

Laporan Anda harus disalin ke direktori akar birt-viewer. Lihat dokumentasi BIRT untuk pengaturan agar servlet terlihat di lokasi alternatif.

File ojdbcN.jar yang Anda gunakan di dalam IDE harus disalin ke direktori Tomcat / lib untuk memungkinkan server menemukan driver yang tepat. Restart Tomcat setelah Anda menyalin file.

Integrasi dengan Apex
Saya membuat laporan sederhana, terhubung sebagai scott / macan yang memilih segalanya dari DEPT dan dengan parameter P_DEPTNO. URL untuk menguji laporan ini adalah

http://localhost:8080/birt-viewer/frameset?__report=departments.rptdesign&p_deptno=10&__format=pdf

Parameter __format dalam kontrol URL, tentu saja, formatnya saja. Anda juga bisa menggunakan nilai seperti doc dan xls.

Mengetahui hal ini, integrasi agak sepele; hanya menghasilkan hyperlink dalam bentuk apapun yang mengarah ke URL dengan parameter yang tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.