Kode Error di Website

Diposting pada

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah suatu protocol yang digunakan oleh World Wide Web, untuk mendefinisikan cara suatu pesan dapat dikirimkan dari server kepada client.Sedangkan HTTP Status Codes / Kode Status HTTP adalah sebuah respon kode status standart web server yang memberikan informasi tentang situs Anda dan halaman yang diminta, ketika suatu permintaan telah dibuat baik oleh pengguna/user, maupun saat proses crawling yang diproses oleh Googlebot. Server yang Anda gunakan tersebut bertugas mengirim kembali status halaman atau infomasi situs dalam menanggapi permintaan tersebut. Ada beberapa kode status HTTP yang akan muncul untuk menandakan bahwa terjadi error loading pada suatu halaman website.

Terdapat 2 varian kode status HTPP pada website yaitu kode 4XX untuk client dan kode 5XX untuk server. Berikut ini beberapa kode status error yang sering muncul pada website browser anda:

1. 400 Bad Request
Error ini berarti request tidak dapat dipenuhi karena sintaks yang buruk. Umumnya hanya dengan menghapus cookies pada browser, error ini sudah dapat teratasi.

2. 401 Unauthorized
Permintaan membutuhkan otentikasi. Server biasanya menampilkan respon ini untuk halaman setelah login (page behind a login). Anda harus memasukan username dan password yang benar

3. 403 Forbidden
Server menolak permintaan tersebut karna halaman yang anda buka terlarang, kemungkinan bahwa server atau host memblokir akses halaman tersebut dari publik dan hanya bisa diakses dari IP tertentu saja.

4. 404 Not Found
Server tidak dapat menemukan halaman yang diminta. Kemungkinan websiter tersebut sudah dihapus atau berpindah atau juga kamu memasukkan url yang salah.

5. 408 Request timeout
Server telah melewati waktu yang telah ditentukan (timed out). Request timed out dapat muncul disebabkan karna beberapa hal, baik dari sisi server ataupun pengguna.

6. 500 Internal Server Error
Internal server error 500 umumnya terjadi hanya karena masalah kesalahan pada file .htaccess dan kesalahan pada file permissions pada file PHP website tersebut.

7. 502 Bad Gateway
Dalam Bad gateway,server menerima respon yang invalid dari server lain. Pesan ini kerap muncul karna kesalahan script, ataupun halaman redirect yang dituju.

8. 503 Service Unavailable
Pesan Service unavailable biasanya hanya sementara,dan pesan ini dapat muncul apabila website yang dituju sedang maintenance ataupun overloading.

9. 504 Gateway Timeout
504 gateway timeout mirip kode 408, Hal ini pertanda bahwa koneksi server to server mengalami keterlambatan pada saat diakses dan tidak bekerja sebagaimana seharusnya, maka akan muncul pesan gateaway timed out.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *