Scroll untuk baca artikel
ProgrammingWeb Service

Belajar Membuat WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio

367
×

Belajar Membuat WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio

Sebarkan artikel ini
WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio
WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio

Apa itu SOA (Service Oriented Architecture) ?

SOA adalah sebuah pendekatan, atau cara berpikir, dalam melihat sebuah sistem. Dalam hal ini tidak melulu teknologi, tetapi juga bisa tentang proses bisnis, organisasi, dll. SOA melihat sistem yang saling berinteraksi dan berkolaborasi dalam menyediakan dan menggunakan “service” (layanan) jadi setiap lintas aplikasi bisa terintegrasi datanya.

Belakangan ini di kalangan teman-teman sudah mulai getol belajar SOA atau pun Rest API. Ada yang belajar SOA karena ingin diterima perusahaan yang baru, ada juga yang ingin belajar SOA  hanya karena tertarik atau penesaran, ada juga yang belajar soa karena kebutuhan di perusahaan dan ada juga yang mengangkap bahwa SOA itu bakalan menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan.

SOA yang versi Java identik web service dan vendor coupled? Atau SOA yang benar-benar SOA. Karena kebanyakan orang menganggap bahwa SOA itu identik dengan web service. Dan ada sebagian yg menganggap itu harus butuh application server dan segala spesifikasi web service yang rumit dan container.

Saya mencoba  memberikan point-point membuat WSDL dengan SOA. Mengapa kita harus belajar SOA  Karena emang sudah terbukti di implementasi. Memang membangun software tersebut jadi lebih mudah, mau itu sebesar dan sekompleks apapun software itu, data akan terintegrasi dengan mudah dengan sofware lain baik itu aplikasi web ataupun desktop.

Berikut langkah-langkah membuat WSDL dengan JDeveloper Studio :

  1. Siapkan terlebih dahulu alat tempurnya seperti JDeveloper Studio dan jdk7 ataupun jdk8. Disini saya mencoba menggunakan Jdeveloper Studio 11.1.1.7.0 dan menggunakan jdk7 berhubung yang terinstal jdk7 maka saya gunakan jdk7 tetapi jika ada yang menggunakan jdk8 tidak ada masalah sesuai selera dan kebutuhan.
  2. Instalasi

Tahap pertama instal terlebih dahulu JDKnya, setelah selesai penginstalan JDK silahkan di lanjut menginstal Jdeveloper. Untuk lnstalasi saya tidak perlu jelaskan. kita persingkat saja. Jika sudah terinstal semua buka home -> kita ketik Jdevloper maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Jika muncul tampilan ini kita gunakan defaul role saja, lalu klik OK

Setalah tampilan utama terbuka, langkah selanjutnya kita adan melakukan add extensi SOA Jdev. Klik Help pada menu atas, kemudian Klik Check For Updates

WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio

Untuk step 1 kita Next langsung saja

WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio

untuk step 2, kita pilih checkbox Install From Local File, di sini saya mencontohkan install extensinya dengan cara offline , karena jika jaringan teman-temen jelek atau tidak stabil install extensi tidak akan berhasil di install.Mungkin ada yang bertanya kenapa harus install extensi lagi, dikarenakan instalan bawaan SOA Application belum ada, maka kita perlu install extensi aplikasi.

Jika yang belum punya SOA Jdev Extension silahkan klik download SOA Jdev Extension . Jika sudah berasil di download untuk extensinya. Maka kita browser file kemudian cari file yang tadi kita download tadi :soa-jdev-extension(11.1.1.7.0.00.08).zip

WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio

untuk step 3 – step 4 kita next-next saja sampai Finish

WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio

Jika Instalasi extensi sudah selesai, kita akan mencoba melakukan create project Klik File -> New

WSDL SOA Dengan JDeveloper Studio

 

 

яндекс

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights